×
Blog
Back

Tingkatkan Semangat Kerjamu Setelah Liburan dengan 4 Cara Ini

  • admin_dwidaya
  • 2019-04-02 19:10:09
  • 320 time(s)
Tag(s):

Meningkatkan semangat kerja setelah liburan tentu bukan hal yang mudah. Setelah pergi berlibur, pikiranmu mungkin masih diisi dengan hal-hal yang menyenangkan saat liburan. Akibatnya kamu pun menjadi tidak fokus saat sedang bekerja. Belum lagi perjalanan yang jauh, tentu akan membuatmu merasa pegal setelah pergi liburan. Agar kamu bisa segera fresh dan bersemangat kembali saat kerja setelah liburan, yuk simak tips berikut!

Sebelum liburan, buat daftar pekerjaan

Agar kamu bisa meningkatkan semangat kerja setelah liburan, buatlah persiapan jauh-jauh hari. Persiapan ini bukan hanya berlaku untuk barang-barang bawaanmu saat liburan, tapi juga soal pekerjaan yang kamu tinggalkan sementara. Sebelum berangkat berlibur, buatlah sebuah daftar. Daftar ini berisi tentang pekerjaan yang sedang dan akan kamu kerjakan.

Tulis pekerjaan yang sedang kamu kerjakan berikut dengan status terbarunya. Misalkan kamu sedang berada dalam proyek A, tuliskan: progress proyek A – 50% dan apa saja kekurangannya. Jangan lupa juga untuk menuliskan tugas-tugas apa yang harus segera kamu selesaikan. Sebisa mungkin selesaikanlah sebelum pergi berlibur agar tidak membebani pikiranmu nantinya.

Bersihkan meja kerja sebelum liburan

Terkadang suasana kerja mempengaruhi mood-mu selama bekerja. Dengan suasana yang teratur, bersih, dan tenang, semangat kerjamu pun akan meningkat. Begitu juga saat kamu harus bekerja setelah liburan, suasana yang kondusif tentu membantumu untuk bisa meningkatkan semangat kerja.

Tidak perlu melakukan perombakan besar-besaran, kamu cukup membersihkan dan merapikan meja kerja sebelum liburan. Tata berkas-berkas serta peralatan lain yang ada di meja kerja. Buang sampah atau dokumen yang tidak digunakan lagi. Dengan cara ini, maka saat kamu kembali bekerja, suasananya pun akan lebih kondusif. Kamu juga bisa langsung cepat melakukan tugas jika semua peralatanmu sudah siap digunakan. 

Ambil jeda waktu

Suasana liburan yang menyenangkan tentu akan membuatmu merasa susah move on. Kamu mungkin masih terbawa suasana liburan meski sudah kembali ke rumah. Hal ini tentu akan menyulitkan jika kamu harus kembali bekerja. Kamu akan kesulitan untuk fokus selama mengerjakan tugas kerja.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, kamu sebaiknya mengambil jeda waktu. Ambil jeda satu hari sebelum kembali bekerja. Jeda waktu satu hari ini bisa kamu manfaatkan untuk mengembalikan energi dengan beristirahat di rumah. Namun, jika kamu tidak bisa mengambil libur satu hari, cobalah mengambil jeda waktu istirahat di sela-sela waktu bekerja. Misalnya mengambil jeda untuk minum kopi atau makan snack. Cara ini akan membuat tubuhmu lebih siap untuk bekerja kembali.

Coba banyak berinteraksi

Agar bisa meningkatkan semangat kerja dengan cepat setelah liburan, kamu harus segera mencari pengalih perhatian. Pengalih perhatian di sini dimaksudkan agar pikiranmu tidak melulu memikirkan soal liburan. Ada banyak hal yang bisa menjadi pengalih perhatian saat kamu kembali bekerja.

Salah satunya adalah dengan berinteraksi dengan rekan-rekan kerja. Ceritakan pengalaman liburanmu yang menarik kepada rekan kerja. Jangan lupa memberikan oleh-oleh atau cinderamata. Hal ini bisa menjadi topik obrolan yang seru dengan rekan kerjamu. Sebisa mungkin sibukkan diri saat sudah kembali bekerja, melamun hanya akan membuatmu merasa rindu dengan suasana saat liburan.

 

Untuk bisa kembali bersemangat kerja setelah liburan jelas merupakan hal yang susah. Saat liburan, tubuh dan pikiranmu diistirahatkan. Sedangkan saat kembali, semuanya juga harus kembali bekerja. Tubuh dan pikiranmu tentu akan menolak hal tersebut. Untuk mencegahnya, kamu bisa melakukan empat cara yang dijelaskan di atas. Dengan empat cara di atas, semangat kerjamu yang kendur pasti akan kembali lagi. Good luck!