×
Blog
Back

Perhatikan 4 Hal Ini Sebelum Kamu Liburan Keliling Eropa

  • admin_dwidaya
  • 2019-10-23 12:55:15
  • 345 time(s)
Tag(s):


Keliling Eropa merupakan salah satu destinasi yang masuk bucket list banyak traveller. Kota-kota seperti London, Paris, Amsterdam, dan Brussels menawarkan pesona tersendiri yang membuat siapa pun ingin mengunjunginya. Kamu pun bahkan sudah menabung demi bisa keliling Eropa.

Masalahnya, persiapan untuk keliling Eropa bisa saja berujung memusingkan, lho. Itulah kenapa kamu perlu sejumlah tips khusus untuk membantumu mempersiapkan perjalanan, apalagi kalau kamu baru pertama kali keliling Eropa!


Urus visa Schengen sejak jauh-jauh hari



Selain paspor, kamu juga membutuhkan visa Schengen untuk bisa masuk ke negara dan kota yang ada di Eropa. Visa ini merupakan visa khusus hasil Perjanjian Schengen yang dilakukan oleh negara-negara Uni-Eropa. Idealnya, visa Schengen dapat berlaku selama sembilan puluh hari dalam periode waktu sekitar enam bulan. Namun, tergantung dari jenis pengajuan, ada juga traveller yang bisa mendapatkan visa Schengen periode stahun untuk multiple entry.
Proses pembuatan visa Schengen biasanya membutuhkan waktu kurang lebih lima belas hari kerja. Bahkan bisa molor pada saat memasuki peak season atau musim liburan. Oleh sebab itu, pastikan kamu mengurus visa Schengen sejak jauh-jauh hari untuk mengantisipasi terjadinya molor, maksimal tiga bulan sebelum keberangkatan. Jadi, rencana liburan keliling Eropa juga tidak akan terganggu jika seandainya memang proses pembuatan visa Schengen lebih lama dari yang diperkirakan.


Siapkan waktu setidaknya dua minggu



Eropa punya banyak sekali negara dan kota yang eksotis untuk dikunjungi. Artinya, memang dibutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk bisa menjelajahi banyak destinasi tersebut dengan puas. Setidaknya siapkan waktu liburan selama dua minggu untuk keliling Eropa agar kamu bisa melakukan sebanyak mungkin aktivitas di beberapa kota tujuan liburan. Tentukan pula tanggalnya sejak jauh-jauh hari, terutama bagi kamu yang sudah kerja agar bisa mendapatkan izin cuti.

Susun itinerary sejak sebelum berangkat





Beberapa orang mungkin lebih senang dengan liburan yang serba spontan dan tanpa itinerary. Tentu tidak ada yang salah dengan hal tersebut karena tiap orang pasti memiliki preferensi masing-masing. Namun, untuk kamu yang baru pertama kali keliling Eropa, sebaiknya buatlah itinerary sebelum berangkat. Dengan begini, kamu tidak lagi bingung harus ke mana begitu sampai di Eropa nanti.
Pastikan London masuk itinerary kamu agar bisa mengunjungi berbagai ikon kota seperti Trafalgar Square, Tower Bridge, Big Ben, dan Buckingham Palace. Lanjutkan perjalanan ke Paris dan kunjungi Disneyland yang begitu ikonik. Tidak ketinggalan city tour di Amsterdam yang terkenal akan Dam Square dan Rijksmuseum-nya. Kamu juga wajib mengunjungi Kota Air, Venice, di Italia yang menawarkan suasana romantis.



Keliling Eropa naik Interrail Pass




Ada banyak pilihan transportasi unutuk keliling Eropa. Namun, jika ingin menghemat bujet, kamu bisa menggunakan Interrail Pass yang bakan mengantarkanmu ke tiga puluh negara di Eropa dengan naik kereta api. Sepanjang perjalanan, kamu juga bakal disuguhkan dengan berbagai pemandangan menarik khas Eropa. Kalau bisa, usahakan naik kereta dengan jadwal malam hari agar kamu bisa tidur selama perjalanan dan menghemat uang untuk akomodasi penginapan.

Selalu ada hal pertama untuk segala hal! Jadi, jangan ragu untuk pergi keliling Eropa selaam bujet mencukupi. Bila tak ingin ribet, kamu juga bisa bergabung dengan tur Eropa dari Dwidayatour. Selama lima belas hari, kamu akan diajak ke berbagai kota cantik di Eropa, termasuk yang disebutkan di artikel ini.
Karena jadwal tur ada pada akhir tahun, kamu juga berkesempatan untuk menghabiskan tahun baru di Venice! Seru, kan? Jadi, tunggu apa lagi? Segera daftarkan diri untuk ikut tur 15D Amazing Europe dari Dwidayatour! Sepuluh pendaftar pertama bakal mendapatkan bonus gondola ride, lho!