×
Blog
Back

Pastikan Kamu Mempersiapkan 7 Hal ini Sebelum Liburan Musim Dingin

  • admin_dwidaya
  • 2018-12-17 12:21:51
  • 76 time(s)
Tag(s):

Liburan musim dingin memang hampir tidak bisa ditemukan di Indonesia dan banyak negara tropis lainnya, kecuali kamu mau mendaki dengan berbagai rintangan ekstrim ke puncak Cartenz di Irian Jaya. Suhu dingin berpadu dengan kelembapan udara yang biasanya rendah, ditambah dengan turunnya salju, tentu akan menciptakan pengalaman liburan yang mengasyikkan walaupun dinginnya menusuk tulang.

Namun, sebelum kamu berencana liburan musim dingin, pastikan kamu menyiapkan sembilan hal ini dahulu agar liburan musim dinginmu aman dan tetap menyenangkan.

 

Pilih destinasi yang sesuai

 

Musim dingin di berbagai negara destinasi wisata musim dingin memiliki pola cuacanya tersendiri. Contohnya wisata musim dingin di Hokkaido, Jepang yang berbeda dengan Islandia. Selain lokasi yang jauh berbeda, kondisi geografis kedua tempat tersebut cukup berbeda.

Jika kamu memang ingin ingin menikmati liburan musim dingin dengan bermain salju, kamu bisa mengnjungi pegunungan Alpen di Eropa. Kalau kamu ingin menikmati musim dingin dengan kondisi lingkungan yang tidak terlalu menuntut untuk melakukan aktivitas outdoor, kamu bisa memilih lokasi liburan musim dingin yang menawarkan banyak fasilitas indoor.

 

Pemesanan jauh-jauh hari

 

Karena ‘jadwal’ musim dingin yang sudah berpola di kalender, yakni pada akhir hingga awal tahun (Desember – Februari) di negara-negara belahan bumi utara sedangkan di pertengahan tahun (Juni – Agustus) di negara-negara belahan bumi selatan, kamu harus melakukan pemesanan perjalanan dan akomodasi sejak jauh-jauh hari. Ingat, bukan kamu saja yang ingin menikmati liburan musim dingin.

Kunjungan ke negara-negara tujuan liburan musim dingin juga biasanya membutuhkan visa. Mengurus visa, pemesanan perjalanan, belum lagi akomodasi bisa sangat merepotkan. Apalagi pada waktu-waktu liburan besar seperti musim dingin. Untungnya, kamu bisa mengurus visa sekaligus perjalanan liburan musim dinginmu di Dwidayatour. Sangat praktis, bukan?

 

Obat-obatan

 

Kesehatan sudah pasti harus dipersiapkan sebelum liburan dan juga dijaga selama liburan. Liburan musim dingin memang menyenangkan, jadi kamu harus menjaga kesehatanmu selama musim itu. Siapkan obat-obatan yang diperlukan untuk menjaga kamu tetap sehat.

Beberapa orang bisa jadi tidak tahu bahwa dirinya alergi dingin. Alhasil ketika beraktivitas saat liburan musim dingin, dirinya kurang fit, sering bersin, hidung tersumbat, hingga hidung/mata terasa gatal sepanjang waktu. Jadi, persiapakan pula obat yang sesuai untuk mengatasi alergi dingin.

 

Kupluk, sarung tangan, dan penutup telinga (ear muff)

Jaga kepalamu tetap hangat selama liburan. Pakai kupluk rajutan atau yang berbahan polyester fleece untuk menjaga kepalamu tetap hangat. Tidak repot kok membawa kupluk. Barang satu ini ringan, bisa dilipat, dan mudah disimpan di tas. Selain itu, jangan lupa juga mennggunakan sarung tangan karena ujung jari cukup sentitif terhadap suhu dan kelembapan udara.

Lindungi pula telinga kamu selama liburan musim dingin, ya. Telinga merupakan salah satu anggota tubuh yang mudah dipengaruhi oleh suhu lingkungan. Gunakan penutup telinga atau ear muff selama liburan musim dingin agar telingamu tetap hangat, terutama ketika berkegiatan outdoor.

 

Pelembab bibir (Lip balm)

 

Bibir juga mudah dipengaruhi suhu dan kelembaban udara. Jika kelembaban udara rendah dan juga suhu udara rendah seperti saat musim dingin, kamu bisa mengalami bibir kering, pecah-pecah, bahkan hingga berdarah. Tidak mau hal ini terjadi, kan? Pakailah pelembab bibir.

 

Pakaian berlapis dan sepatu tebal

 

Bawalah pakaian yang sesuai ketika kamu liburan musim dingin, terutama pakaian tebal atau berlapis, seperti jaket musim dingin (coat), kaus kaki untuk kehangatan kakimu di balik alas kaki, sweater, serta syal untuk menjaga kehangatan di tubuh bagian atasmu. Jangan lupa celana panjang dan tebal yang cocok untuk musim dingin, ya.

Perhatikan juga alas kaki agar kamu bisa beraktivitas dengan nyaman. Sepatu yang cocok untuk musim dingin biasanya tebal denga bahan (lapisan) suede atau kulit, yang mampu menjaga panas tidak mudah keluar dari sepatu dan tetap menghangatkan kakimu.

 

Alternatif transportasi

 

Musim dingin tidak hanya mempengaruhi lokasi wisata, tapi juga transportasi menuju tujuan wisata tersebut. Ketahui sarana transportasi apa saja yang tetap bisa diandalkan ketika musim dingin selain pesawat. Kamu bisa menggunakan kereta sebagai sarana transportasi ke destinasi wisata sesampai kamu di negara tujuan dengan pesawat. Sekalian menambah pengalaman wisata kamu!

 

Nah, dengan berbagai persiapan di atas, sekarang kamu sudah siap berangkat liburan musim dingin. Happy holiday!