×
Blog
Back

Panduan Lengkap Backpacker Murah ke Hong Kong

  • admin_dwidaya
  • 2018-08-16 15:20:23
  • 228 time(s)
Tag(s):

Backpacker ke Hong Kong? Siapa takut! Kota metropolitan yang terletak di bagian tenggara Tiongkok ini menarik untuk dikunjungi. Jaraknya pun terletak cukup dekat dengan ibu kota Jakarta. Untuk pergi ke Hong Kong, kamu hanya memerlukan waktu perjalanan sekitar lima jam dengan pesawat terbang. Sebelum memutuskan untuk backpacker ke Hong Kong, pastikan kamu sudah mempelajari seluk beluk kehidupan di kota asal aktor laga Jackie Chan ini.

Berikut Dwidayatour sudah rangkumkan untuk kamu. Yuk, simak!

Persiapkan bujet dengan baik

Meskipun masih berada satu kawasan dengan Tiongkok, Hong Kong memiliki mata uang yang berbeda, yaitu Dollar Hong Kong (HKD). Apabila dikonversikan ke dalam mata uang rupiah, 1 HKD setara dengan Rp1.851,8. Namun, biaya hidup di Hong Kong terbilang cukup mahal. Untuk sekali makan, kamu perlu menyiapkan uang sekitar 35-55HKD atau sekitar Rp60.000 hingga Rp100.000 di restoran yang paling murah sekali pun.

Sebagai langkah alternatif, kamu bisa membawa roti atau makanan instan lainnya dari Indonesia. Jika memang terpaksa harus membeli makanan, sebaiknya datangi restoran yang secara khusus menyediakan menu dimsum dan aneka steamboat. Harganya jauh lebih murah jika dibandingkan dengan kamu membeli lauk berupa ayam atau daging merah. Saat backpacker ke Hong Kong, kamu bisa menyediakan bujet setidaknya 1000HKD untuk bertahan selama empat hari tiga malam.

Beli kartu Octopus untuk kemudahan transportasi

Transportasi umum di Hong Kong pada dasarnya tidak jauh berbeda dari yang biasa kamu jumpai di tanah air. Jika Jakarta punya Commuter Line dan Transjakarta, maka di Hong Kong kamu bisa menumpangi MTR. Hindari untuk membayar menggunakan uang tunai sebab akan sulit memberi kembalian. Kamu bisa membeli kartu Octopus atau MTR Tourist Day Pass di Dwidaya Tour. Harga kartu Octopus Hong Kong sekitar 150HKD dengan saldo 100HKD. Sementara sisanya merupakan deposit yang akan di-refund saat kartu dikembalikan.

Menginap di hotel strategis

Backpacker ke Hong Kong akan lebih efisien jika kamu menginap di hotel yang dekat dengan lokasi stasiun MTR, seperti di kawasan Tsim Sha Tsui. Untuk wisatawan muslim, umumnya akan memilih kawasan Wan Chai yang juga dekat stasium MTR serta Masjid Amar. Kabarnya, di kantin Masjid Amar kamu bisa menemukan berbagai kuliner halal yang juga ramah di kantong. Cukup dengan 20-35HKD kamu bisa makan kenyang!

 

Tak perlu ganti kartu selular!

Kebutuhan komunikasi membuat para backpacker yang datang ke Hong Kong membutuhkan kartu selular dengan paket internet yang hemat. Akan tetapi, jika waktu kunjungan kamu tidak lebih dari empat hari, sebaiknya tidak perlu ganti kartu selular. Tenang saja, di Hong Kong masih ada penjualan voucher selular asal Indonesia dengan harga mulai dari 50-88 HKD. Disarankan agar kamu melakukan pembelian melalui vending machine untuk menghindari kesalahan pengisian voucher. Dengan mesin otomatis itu kamu juga bisa dengan mudah mengetahui masa berlaku serta kuota yang tersisa.