×
Blog
Back

Liburan ke Luar Negeri Tanpa Menguras Kantong? Bisa, Ini Triknya!

  • admin_dwidaya
  • 2019-03-27 19:05:50
  • 472 time(s)
Tag(s):

Liburan ke luar negeri masih jadi mimpi banyak orang. Apakah kamu termasuk salah satunya? Apa yang membuat mimpimu ke luar negeri tak kunjung terwujud? Mungkin bujet adalah penyebabnya. Ya, bujet sering menjadi alasan banyak orang yang ingin liburan ke luar negeri tidak kunjung berangkat.

Pergi ke luar negeri tentu butuh bujet yang tidak sedikit. Mulai dari tiket pesawat, akomodasi, hingga keperluan mengurus surat-surat tentu membutuhkan banyak biaya. Walau begitu, kamu tidak harus mengubur impian untuk liburan ke luar negeri. Ada beberapa trik yang bisa dilakukan agar kamu bisa ke luar negeri dengan bujet terbatas. Berikut uraiannya.  

Buat itinerary liburan dengan cermat

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah membuat itinerary liburan dengan cermat. Tentukanlah negara yang akan menjadi destinasimu dan lokasi mana yang ingin kamu tuju. Cari tahu juga soal jarak antara tempat wisata atau tempat tujuanmu. Kamu bisa meminta bantuan teman atau mencari “contekan” di internet untuk membuat itinerary yang detail.

Dengan cara ini, perjalanan liburanmu di luar negeri akan lebih efisien. Kamu bisa tahu lokasi wisata yang satu arah sehingga tidak akan makan banyak waktu di jalan. Selain itu, dengan menyusun itinerary terlebih dahulu, kamu bisa membuat perkiraan biaya yang akan dikeluarkan selama liburan. Jadi, tidak ada lagi deh risiko over budget!

Pergi bersama teman

Kamu mungkin pernah mendengar pepatah, “If you go want to go fast, go alone. If you want to go far, go together.” Saat akan pergi liburan, rasanya pepatah ini ada benarnya juga. Dengan pergi bersama teman, maka kamu bisa pergi lebih jauh lagi, termasuk untuk liburan ke luar negeri. Untuk itu, cobalah ajak teman saat ingin ke luar negeri.

Saat ke luar negeri dengan teman, kamu akan lebih hemat biaya. Biaya yang dikeluarkan saat liburan nanti bisa ditanggung bersama. Misalnya saat memesan akomodasi, kamu bisa menyewa kamar dengan kapasitas besar dan kemudian membagi biayanya dengan teman-teman. Cara ini jelas lebih hemat dibanding saat kamu harus menyewa akomodasi untuk sendiri.

Hindari high season

High season adalah waktu favorit untuk berlibur. Di Indonesia sendiri, biasanya masa ini datang saat menjelang akhir tahun (libur Natal dan tahun baru) atau saat libur sekolah. Sayangnya pada high season ini tiket pesawat serta sewa akomodasi akan meroket harganya. Harga pesawat yang biasanya hanya pada kisaran Rp1 juta saja bisa naik 100% saat high season tiba.

Agar liburanmu tetap hemat, hindarilah masa-masa ini. Sebagai gantinya, pilihlah low season karena pada masa ini harga tiket akan relatif lebih murah. Low season tiap negara bisa berbeda-beda, kamu cukup mencari tahu informasinya lewat internet. Misalnya di Jepang, low season adalah pada bulan Januari-April. Kamu bisa mencari tiket di bulan-bulan tersebut.

Coba berburu tiket murah

Selain pada saat low season, terkadang maskapai penerbangan juga memberikan penawaran tiket pesawat murah pada waktu-waktu tertentu. Kamu bisa mengincar waktu-waktu tersebut. Untuk mendapakan informasi, kamu bisa rutin mengunjungi website resmi maskapai penerbangan atau merchant yang menjual tiket pesawat.

Kamu juga bisa datang ke expo atau pameran. Biasanya dalam event semacam ini juga ada penawaran menarik untuk liburan ke luar negeri. Salah satunya adalah Dwidaya Tour Carnival dari Dwidayatour. Dalam event ini, Dwidaya memberikan beragam penawaran menarik mulai dari promo tiket pesawat hingga hotel dan akomodasi lainnya. Menarik, bukan?

 

Liburan ke luar negeri dengan bujet terbatas ternyata bukanlah mitos. Asal kamu tahu tips dan triknya, liburan hemat ke luar negeri pun bisa tercapai. Empat trik yang telah disebutkan dalam artikel ini bisa kamu coba untuk mendapatkan pengalaman liburan ke luar negeri yang tidak menguras kantongmu. Selamat mencoba!