×
Blog
Back

Ini 7 Kebiasaan Masyarakat Kamboja dalam Merayakan Tahun Baru

  • admin_dwidaya
  • 2020-01-02 16:38:40
  • 290 time(s)


Menyambut pergantian baru, banyak orang merayakan dengan berbagai cara. Setiap orang dan masyarkat di berbagai daerah mempunyai cara masing-masing untuk merayakan tahun baru. Kadang cara untuk merayakan tahun baru setiap orang bergantung dengan tradisi yang ada di negara tempat tinggalnya. Setiap negara mempunyai tradisi yang berbeda untuk menyambut tahun baru. Salah satu negara yang mempunyai tradisi untuk merayakan tahun baru yaitu Kamboja. Masyarakat Kamboja memiliki kebiasaan yang selalu dilakukan untuk merayakan tahun baru. Apa saja kebiasaan masyarakat Kamboja ketika merayakan tahun baru ? simak ulasan di bawah ini. 

Berpesta di Bar

Masyarakat di daerah Sihanoukville selalu menyambut tahun baru dengan berpesta di bar. Di pinggiran Pantai Occheutal dan Pantai Serendipity merupakan tempat yang selalu digunakan untuk berkumpul merayakan pesta tahun baru. Banyak bar-bar yang terdapat di pinggir pantai tersebut. Masyarakat Sihanoukville sendiri juga dikenal dengan sebagai masyarakat yang sangat menyukai perayaan pesta. 
Ketika menjelang tahun baru, bar-bar yang ada di pinggir Pantai Occheutal dan Pantai Serendipity akan dipenuhi masyarakat yang siap merayakan pesta tahun baru. Masyarakat Kamboja akan minum bersama untuk merayakan kegembiraan menyambut tahun baru. Banyak turis asing yang juga sering ikut dalam perayaan ini. 

Api Unggun


Masyarakat di wilayah Koh Rong, Kamboja merayakan tahun baru dengan menyalakan api unggun di pantai. Biasanya mereka akan minum bersama sambil menikmati api unggun. Hal yang membuat perayaan tahun baru di Koh Rong semakin istimewa karena perairan di pantai tempat masyarakat Koh Rong terdapat banyak phytoplankton. Ketika malam hari tiba, phytoplankton ini akan membuat pemandangan seolah-olah perairan menyala. 

Berkumpul Bersama Keluarga


Hal lainnya yang juga dilakukan masyarakat Kamboja ketika tahun baru yaitu berkumpul bersama keluarga. Setiap keluarga biasanya akan bersama-sama membersihkan rumah, kemudian bersama-sama menyiapkan makanan untuk Biksu, anak-anak akan bermain bersmaa dengan teman-temannya dan juga membagikan sumbangan untuk kuil. 

Berdoa Bersama Keluarga

Selain merayakan dengan perayaaan pesta tahun baru, masyarakat Kamboja juga akan berdoa bersama dengan keluarga untuk menyambut tahun baru. Hal ini sebagai ungkapan syukur kepada Tuhan atas segala rezeki dan berkat yang sudah di dapat. Lalu juga akan menyalakan lilin di rumah sebagai simbol untuk menerangi rumah supaya tahun yang akan datang dipenuhi keberkahan. 

Pesta Kembang Api

Tradisi lainnya yang dilakukan masyarakat Kamboja yang hampir sama dengan masyarakat negara lainnya. Yaitu dengan menyalakan kembang api. Biasanya pesta kembang api ini paling banyak dirayakan di Phnom Penh. Selain menyalakan kembang api, masyarakat Kamboja juga berpesta dengan menyalakan musik di bar. Masyarakat Kamboja juga akan makan bersama untuk menyambut tahun baru. 

Pesta di Temple Town’s Pub Street


Ketika menjelang tahun baru, bar-bar yang ada di sekitar Temple Town’Pub Street akan penuh dengan orang-orang. Masyarakat Kamboja akan minum bersama sambil bergembira merayakan tahun baru. Bar-bar akan penuh sesak dengan tawa orang-orang dan pertunjukan musik yang ada di bar tersebut.

Masyarakat Kamboja merayakan tahun baru dengan penuh gembira. Apakah kamu tertarik dengan perayaan tahun baru ala masyarakat Kamboja ? Kamboja juga cocok untuk kamu jadikan destinasi negara untuk merayakan tahun baru. 

Agar tahun barumu di Kamboja lebih nyaman, kamu bisa mempercayakan liburanmu dengan Dwidaya. Kamu bisa merayakan tahun baru dengan gembira tanpa harus ribet dengan urusan yang lain. Untuk informasi selanjutnya, kamu bisa langsung menghubungi nomor Dwidaya di (021) 1500 383 atau email info@dwidayatravel.com.