×
Blog
Back

Informasi Lengkap Tentang Maldives yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Liburan

  • admin_dwidaya
  • 2019-02-11 17:50:08
  • 15 time(s)
Tag(s):

Popularitas Maldives sebagai destinasi wisata romantis kian meroket semenjak foto-foto keindahan alamnya beredar di media sosial. Negara yang berada di sebelah barat daya India ini bahkan kerap disebut menjadi salah satu tujuan wisata yang cukup mewah. Pasalnya, untuk berkeliling Maldives, kamu harus menyediakan bujet yang tidak sedikit mengingat ada ribuan pulau dan puluhan pulau karang yang menarik untuk dieksplorasi.

Nah, sebelum berangkat ke Maldives, berikut panduan singkat yang perlu diperhatikan agar liburanmu berjalan dengan aman dan nyaman. Yuk, simak!

Bebas visa

Bagi wisatawan Indonesia yang ingin berkunjung ke Maldives, tak perlu repot-repot mengurus visa kedatangan. Pasalnya, Maldives sudah memberikan izin tinggal secara cuma-cuma alias gratis selama 30 hari bagi pemegang paspor Indonesia. Dengan begitu, kamu bisa datang ke Maldives hanya dengan menunjukkan paspor saja ke petugas bandara setempat. Waktu terbaik ke Maldives adalah sekitar bulan November – April ketika musim kemarau tiba.

Maskapai penerbangan murah ke Maldives

Sebenarnya ada cukup banyak maskapai penerbangan yang saat ini melayani rute dari dan menuju Maldives. Namun, buat kamu yang berangkat dari Indonesia, disarankan untuk menggunakan maskapai Singapore Airlines atau Cathay Pasific yang punya tarif lebih terjangkau. Manfaatkan juga momen terbaik pada Cathay Pacific Travel Fair Bandung (8 – 10 Februari 2019) dan Singapore Airlines Travel Fair (15 – 17 Februari 2019) yang diselenggarakan oleh Dwidayatour untuk mendapatkan harga tiket murah ke Maldives.

Siapkan mata uang setempat untuk kebutuhan sehari-hari

Perlu diketahui, Maldives memiliki mata uang Maldivian Rufiyaa (MVR) yang di awal tahun 2019 memiliki nilai tukar sebesar Rp907.03 per 1 MVR. Nah, untuk memudahkan aktivitas liburan kamu selama berada di Maldives, gunakan mata uang setempat selama bertransaksi. Biasanya kamu akan membutuhkan uang tersebut untuk membeli makanan dan minuman di restoran lokal maupun membayar angkutan kapal feri. Bawa secukupnya sebab tidak banyak money changer di Maldives.

Memastikan pulau yang ingin dituju

Seperti yang sudah diinformasikan sebelumnya, ada lebih dari 1.000 pulau yang bisa kamu jumpai di Maldives. Namun, hanya ada sekitar 200 pulau yang berpenghuni sementara yang khusus ditujukan untuk wisatawan kurang lebih 80 pulau. Masing-masing pulau biasanya telah menyediakan resort, berupa villa atau hotel dengan pemandangan laut biru yang begitu indah. Male, Biyadhoo, Vaadhoo dan Maafushi menjadi deretan pulau yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Pilihan makanan lokal yang layak dicicipi

Sebagai negara kepulauan, tentu kamu bisa dengan mudah menemukan beragam olahan makanan laut di restoran-restoran yang ada di Maldives. Tenang saja, sebagian besar masyarakat Maldives beragama Islam sehingga menu-menu yang disajikan pun halal. Beberapa pilihan makanan lokal yang bisa kamu cicipi dengan harga terjangkau adalah roshi, yaitu roti tipis dengan telur mata sapi; serta masyuni roshi yang memiliki cita rasa pedas berkat campuran ikan tuna, kelapa parut, dan irisan cabai.

Larangan bagi wisatawan selama di Maldives

Sama seperti destinasi wisata lainnya, Maldives juga memiliki beberapa peraturan yang wajib ditaati oleh setiap pengunjung yang datang. Pertama, selalu gunakan pakaian sopan dan hindari baju berukuran mini serta terbuka. Jika ingin mengenakan bikini, pastikan kamu berada di pantai privat yang memang dikhususkan untuk sunbathing. Kedua, hindari membeli dan mengonsumsi alkohol di luar penginapan. Ketiga, larangan bermesraan di tempat umum bagi kamu yang datang dengan pasangan ke Maldives.

 

Sebagai catatan tambahan, sebagian besar masyarakat Maldives berkomunikasi dengan bahasa Dhivehi dan masih cukup terbatas orang-orang yang bisa berbahasa Inggris dengan fasih. Untuk itu, disarankan kamu berangkat ke Maldives bersama rombongan tur dan travel agar lebih mudah berinteraksi. Selamat berlibur!