×
Blog
Back

Dieng Culture Festival Segera Dimulai, Ada Apa Saja?

  • admin_dwidaya
  • 2018-07-18 10:45:45
  • 322 time(s)
Tag(s):

Dieng Culture Festival menjadi event yang digelar secara rutin setiap tahunnya di Banjarnegara, Jawa Tengah. Festival paling romantis di Indonesia ini rencananya akan digelar pada tanggal 3-5 Agustus 2018 mendatang. Tentu saja, ada banyak hal menarik yang bisa kamu temukan pada penyelenggaraan event Dieng Culture Festival 2018 ini. Mulai dari festival musik, budaya, dan wisata jadi satu dalam rangkaian acara. Penasaran seperti apa? Yuk, intip!


Cukur rambut gimbal

Parade seni budaya dalam rangkaian Dieng Culture Festival akan diwarnai dengan sebuah karnaval yang diikuti oleh anak-anak berambut gimbal. Mereka akan diarak menuju Candi Arjuna dan rambut gimbal itu pun dicukur secara bersama-sama. Rambut gimbal ini sangat istimewa karena dilakukan dengan ritual dalam setahun sekali pada acara Dieng Culture Festival saja. Pastinya kamu tidak bisa menemukan ritual ini di tempat lain!

Jazz di atas awan

Tahun ini adalah kali kesembilan Dieng Culture Festival diselenggarakan. Berada di ketinggian 2000 mdpl, festival ini tentu akan membuatmu merasa lebih dekat dengan langit. Dimeriahkan dengan penampilan musisi-musisi jazz lokal dan nasional, jazz di atas awan ini sudah pasti membuat Dieng Culture Festival 2018 terasa jauh lebih romantis.


Melihat embun es

Lokasinya yang berada dekat dengan puncak Gunung Dieng membuat suhu udara di kawasan festival tersebut hanya berkisar antara 10 derajat Celcius saja. Saat perhelatan Dieng Culture Festival pada bulan Agustus mendatang, embun es bahkan diprediksi akan kembali muncul. Dengan begitu, kamu dapat melihat langsung momen langka ini mengingat Indonesia sendiri merupakan negara tropis yang tidak memiliki musim salju.


Mencicipi tumpeng buatan masyarakat setempat

Selain pertunjukkan musik, ada juga festival tumpeng yang bisa kamu saksikan secara langsung pada Dieng Culture Festival 2018. Festival ini pada dasarnya merupakan ritual yang harus dilakukan masyarakat setempat sebelum mencukur rambut gimbal anak-anaknya. Setidaknya akan ada 50 tumpeng yang dibuat sendiri oleh masyarakat setempat. Tumpeng tersebut akan diarak mengelilingi desa dan dimakan bersama-sama pengunjung Dieng Culture Festival 2018


Festival domba Batur

Domba batur sebenarnya merupakan nama salah satu jenis domba yang banyak diternakkan oleh masyarakat yang tinggal di sekitar kawasan Gunung Dieng. Sebagai penghasil wol, domba batur punya warna bulu dominan putih susu yang sedikit mengkilap dan hampir menutupi seluruh permukaan tubuhnya. Nah, di event Dieng Culture Festival 2018 nanti kamu bisa melihat sendiri puluhan ekor domba Batur yang mengikuti kirab menuju Candi Arjuna.


Berfoto di photo booth unik

Jangan lupa, abadikan juga momen berharga kamu selama berada di Dieng Culture Festival 2018 dengan berkunjung ke photo booth yang sediakan oleh penduduk setempat. Berbeda dari photo booth pada festvival di tahun-tahun sebelumnya, kali ini photobooth akan dihiasi dengan bunga khas Dieng, yaitu bunga Kala Lili. Agar lebih seru, saat berfoto kamu juga bisa lho mengajak anak-anak berambut gimbal atau penduduk setempat.


Bersama Dwidayatour, kamu bisa menikmati 3D Dieng Culture Festival dengan lebih mudah dan harga yang lebih murah. Hubungi call center Dwidayatour untuk info selengkapnya di hotline (021) 1500 383 atau kunjungi cabang Dwidayatour terdekat.