×
Blog
Back

Bingung Liburan ke Mana? 4 Destinasi Liburan Anti Mainstream di Indonesia Ini Wajib Kamu Kunjungi!

  • admin_dwidaya
  • 2018-07-04 15:02:33
  • 369 time(s)
Tag(s):

Membahas tentang destinasi liburan di Indonesia memang tidak akan ada habisnya. Dengan jumlah pulau mencapai lebih dari 15.000, Indonesia menawarkan banyak sekali destinasi liburan yang menarik untuk dieksplor. Jadi, bagi yang mulai bosan dengan destinasi liburan yang itu-itu saja, kamu bisa mencoba mendatangi berbagai tempat anti mainstream berikut ini. Kira-kira di mana saja lokasinya? Check these out!


Pulau Morotai, Halmahera

Kebanyakan orang Indonesia biasanya akan berlibur ke Bali jika mereka sedang ingin menikmati suasana pantai. Padahal, mengingat bahwa Indonesia adalah sebuah negara kepulauan, ada banyak sekali pantai di negara kita yang tak kalah indah dari Bali. Salah satu yang belum terlalu ramai dikunjungi adalah pantai di Pulau Morotai, Halmahera.

Air laut bergradasi warna biru dan hijau toska tampak begitu kontras dengan pasir pantai berwarna putih. Pohon-pohon di area pantai semakin menambah syahdu suasana. Nah, tak hanya pemandangan yang indah, Pulau Morotai juga ternyata menyimpan sejarah yang menarik. Dulunya, Pulau Morotai digunakan sebagai pangkalan militer Jepang yang kemudian direbut Amerika Serikat. Sekitar tahun 1944-1945, adu tembak sudah menjadi hal yang biasa terjadi di pulau ini.

Sekarang, berbanding terbalik dari sejarahnya tersebut, Pulau Morotai justru tampak begitu tenang. Cocok untuk kamu yang sedang mencari tempat sepi untuk merilekskan tubuh dan pikiran.


Mentawai, Sumatera Barat

Kalau destinasi liburan anti mainstream ini sangat pas bagi kamu yang hobi surfing. Pasalnya, Kepulauan Mentawai memiliki sekitar empat ratus titik surfing dan 150 titik ombak dengan gulungan ombak yang mencapai kurang lebih 3 meter. Beberapa pantai yang bisa kamu datangi untuk surfing di Mentawai adalah Pantai Bosua, Pantai Mapadeggat, dan Pantai Katiet. Tentunya kamu juga bisa melakukan berbagai aktivitas pantai lain seperti berenang, snorkeling, atau sekadar berjemur.

Jadi, apa kamu tertarik berlibur di Mentawai? Wilayah kepulauan satu ini berjarak sekitar 150 km di lepas pantai Pulau Sumatera, tetapi masih termasuk bagian Sumatera Barat. Kamu bisa mencapai Kepulauan Mentawai dengan transit terlebih dulu di Kota Padang.


Pulau Tunda, Kepulauan Seribu

Bagi yang tinggal di Jakarta, kamu bisa liburan anti mainstream di Pulau Tunda, Kepulauan Seribu, tepatnya di sebelah utara Teluk Banten. Karena belum terlalu banyak pengunjung, ditambah lagi belum ada campur tangan investor, Pulau Tunda pun memiliki suasana yang masih begitu alami dan asri. Jadi, bisa kamu bayangkan sendiri keindahan pemandangannya, bukan?

Selain menikmati jernihnya air laut di Pulau Tunda, kamu juga bisa melakukan berbagai aktivitas seru lain seperti berenang, trekking di sekitar pulau, hingga menyaksikan sunset. Sempatkan juga untuk snorkeling karena Pulau Tunda memiliki keindahan bawah laut yang mengagumkan. Banyak terumbu karang cantik dan aneka biota laut yang bisa kamu lihat.


Sumba, Nusa Tenggara Timur

Ingin liburan anti mainstream ke tempat yang agak jauh? Pulau Sumba di Nusa Tenggara Timur dapat menjadi pilihan yang tepat. Ada banyak sekali tujuan wisata menarik yang bisa kamu eksplor di sini, salah satunya adalah Laguna Weekuri. Jarakanya hanya sekitar 20 meter dari laut. Jadi, di kolam pasang surut ini kamu bisa berenang sambil menikmati pemandangan laut yang sangat jernih.

Kamu juga bisa mengunjungi Desa Ratenggaro, sebuah desa tradisional yang rumah-rumahnya masih terbuat dari bamboo dan memiliki arsitektur unik. Atapnya dibuat tinggi mencapai 25 meter sebagai bentuk penghormatan untuk para roh leluhur mereka. Asyiknya lagi, Desa Ratenggaro ini sangat berdekatan dengan pantai tersembunyi yang masih alami. Jadi, setelah berkeliling desa, kamu pun bisa langsung bersantai di pinggir pantai.

Berlibur di Sumba terdengar sangat menarik, bukan? Kamu bisa langsung mempersiapkan perjalanan dengan booking paket perjalanan 4D Explore Sumba dari Dwidaya Tour. Dengan bujet mulai Rp6 jutaan, kamu sudah bisa berkeliling Sumba Barat Daya dan Sumba Timur selama empat hari tiga malam!


Tak perlu jauh-jauh ke luar negeri, Indonesia sebetulnya punya banyak sekali destinasi liburan anti mainstream yang menarik untuk didatangi. Empat destinasi di atas adalah beberapa contohnya. Jadi, mana yang akan kamu kunjungi saat liburan nanti?