×
Blog
Back

Berikut 4 Negara Bersalju yang Mungkin Kamu Belum Tahu

  • admin_dwidaya
  • 2019-01-17 19:09:28
  • 874 time(s)
Tag(s):

Musim dingin adalah satu satu dari empat musim yang menjadi favorit banyak orang di dunia. Orang Indonesia pun biasanya berbondong-bondong mengunjungi berbagai negara seperti Jepang, Korea, hingga Eropa untuk menikmati keseruan yang hanya bisa didapat saat salju tiba. Kamu mungkin sudah tahu bahwa negara yang memiliki salju biasanya adalah negara beriklim sedang atau subtropis, tapi ternyata iklim suatu negara tak selalu jadi tolak ukur, lho. Bahkan tak banyak yang tahu bahwa empat negara berikut ternyata memiliki salju. Negara apa saja itu?

Puncak Oukaimeden, Marrakech, Maroko

 

Tahukah kamu bahwa di Benua Afrika juga turun salju? Ya, Benua Afrika memang terkenal kering dan gersang, namun hal tersebut tak membuat Maroko kehilangan kesempatan untuk mempunyai salju. Tepatnya di Marrakech, sebuah kota wisata yang populer dengan sebutan Kota Merah, kamu akan menemukan berbagai keseruan. Mulai dari sejarah, kekayaan budaya, hingga beragam keindahan alam memukau termasuk salju.

Maroko yang umumnya dikenal gersang dan panas ternyata tak hanya mempunyai hamparan pasir di Padang Sahara, namun juga lautan salju di Puncak Oukaimeden (Pegunungan Atlas) yang mempesona. Untuk tiba di Puncak Oukaimeden tersebut, kamu perlu menempuh perjalanan darat sejauh 400 km atau sekitar 4 jam. Di sepanjang perjalanan, kamu akan dimanjakan udara segar khas pegunungan serta butiran-butiran salju yang menempel di dahan dan ranting pepohonan.

Puncak Carstensz, Papua, Indonesia

 

Umumnya, salju dimiliki oleh negara-negara dengan iklim sedang atau subtropis. Oleh karena itu, Indonesia yang beriklim tropis hanya mempunyai dua musim saja, dan tak memiliki salju. Tapi ternyata, meski merupakan negara tropis, Indonesia mempunyai salju abadi, lho. Salju abadi tersebut terletak di Puncak Carstensz, Papua, yang juga menjadi salah satu titik paling tinggi di dunia. Lokasi tersebut merupakan satu-satunya tempat bersalju di Indonesia.

Puncak Carstensz sendiri berada di Pegunungan Jayawijaya yang mencakup tiga kabupaten, yaitu Puncak Jaya, Intan Jaya, serta Mimika. Munculnya salju abadi di puncak ini disebabkan oleh ketinggiannya yang mencapai 4.884 mdpl sehingga udara di atasnya menjadi sangat dingin. Menariknya lagi, Puncak Carstensz juga menjadi puncak tertinggi di Indonesia dan merupakan satu dari Seven Summits (tujuh puncak tertinggi di dunia) yang penuh pesona.

Vietnam

Selain Indonesia, ada negara Asia Tenggara lainnya yang ternyata juga memiliki salju, yaitu Vietnam. Meskipun terdengar aneh bahwa Vietnam memiliki salju, faktanya dengan suhu yang dapat mencapai minus 5 derajat Celcius, beberapa lokasi di Vietnam memiliki salju. Salah satunya adalah Kota Sa Pa di barat laut Vietnam yang selalu memiliki salju dalam beberapa tahun terakhir. Saat musim dingin, pemandangan sawah-sawah hijau di Sa Pa diselimuti oleh salju-salju putih.

Selain Sa Pa yang memiliki daerah pegunungan favorit di Vietnam sebagai taman bermain musim dingin, terdapat beberapa tempat lain di Vietnam yang memiliki salju. Salah satunya adalah Gunung Mau Son yang terletak sekitar 30 kilometer dari pusat kota Lang Son, Gunung Mau Son. Area yang memiliki ratusan perbukitan dan pegunungan besar dan kecil ini merupakan salah satu daerah di Vietnam yang selalu tertutup salju dan kabut di musim dingin. Menarik, bukan?

Florida, Amerika Serikat

 

Florida yang dijuluki “Sunshine State” pada awal tahun 2018 diguyur hujan salju. Kejadian tersebut merupakan sebuah kejadian yang langka karena untuk pertama kalinya setelah 29 tahun Florida memiliki salju. Seperti julukannya, Florida terkenal selalu berlimpah matahari dan tak pernah kebagian salju. Kenapa Florida kini memiliki salju? Pasalnya, kejadian langka tersebut dipicu oleh badai musim dingin dahsyat yang disebut dengan Bom Cyclone atau Bom Topan.

Mengenai hal ini, Badan Prakiraan Cuaca AS (The National Weather Service) menyebut bahwa badai membawa salju, es, gelombang badai, hingga angin kencang. Hal ini terjadi akibat adanya aliran cepat yang membawa udara dingin dan kering dari Kanada ke selatan yang mengakibatkan aliran dingin yang luar biasa di AS. Massa udara dingin tersebut akhirnya bertabarakan dengan udara yang relatif hangat dan lembap di lepas pantai sebelah selatan sehingga melahirkan salju di Florida.

 Nah, itulah empat negara yang ternyata memiliki salju dan belum banyak orang tahu. Sekarang kamu tak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk menikmati salju musim dingin karena Indonesia dan Vietnam sebagai negara Asia Tenggara lainnya bahkan memilikinya. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!