×
Blog
Back

Berencana Ikut Maybank Bali Marathon 2018? Persiapkan Diri Dengan 5 Tips Ini!

  • admin_dwidaya
  • 2018-07-30 15:39:49
  • 218 time(s)
Tag(s):

Lari maraton saat ini memang menjadi tren olahraga yang banyak diminati masyarakat. Bahkan banyak pula event lari yang diselenggarakan di seluruh Indonesia, salah satunya Maybank Bali Marathon yang rutin diadakan setiap tahunnya dan cukup populer dikalangan para pelari. Tahun ini, acara tersebut akan diadakan pada 9 September 2018. Apakah kamu berencana ikut Maybank Bali Marathon 2018? Lakukan dulu persiapan maraton dengan melakukan lima hal ini!

Latihan rutin

Latihan fisik secara rutin merupakan persiapan maraton yang wajib dilakukan, apalagi jika kamu akan ikut maraton dalam jarak yang cukup jauh (long run). Agar tubuh tidak kaget dan tetap fit, kamu dapat berlatih secara kontinyu dan terjadwal setiap harinya. Jarak lari dapat ditempuh secara  bertahap mulai dari jarak pendek hingga jarak jauh.

Namun, jangan berlatih terlalu berlebihan karena dapat berakibat buruk bagi otot dan tulang, bisa-bisa menimbulkan cedera karena kamu belum terbiasa. Untuk itu, lakukan latihan dengan training plan yang seimbang, ambil jeda istirahat yang cukup, dan selalu awali latihan dengan pemanasan yang benar. Ini akan membuat otot kaki dapat tetap bekerja tanpa rasa lelah berlebihan.

Sepatu yang tepat

Memilih sepatu lari atau running shoes yang tepat merupakan modal unuk menyelesaikan lari jarak jauh. Gunakan sepatu khusus lari dan memiliki pads yang memang didesain untuk berlari. Pilihlah sepatu yang pas dengan ukuran kaki dan nyaman digunakan. Hal ini dapat meminimalisir resiko cedera saat lari maraton berlangsung. Hindari penggunaan sepatu kasual atau sepatu kets biasa dalam berlari. Banyak pelari yang kadang kurang memperhatikan hal ini dengan baik. Padahal persiapan maraton satu ini sangat penting.

Jaga kondisi fisik

Makanlah makanan yang bergizi agar dapat memberikan kamu energi dan nutrisi yang cukup untuk persiapan lari. Sebelum berlari maraton, ada baiknya untuk konsultasi dengan dokter terlebih dahulu atau melakukan check up. Hal ini untuk mendeteksi ada tidaknya cedera sebelum maraton berlangsung. Lebih cepat cedera ditemukan, maka akan semakin baik karena kamu punya waktu untuk melakukan pemulihan sebelum maraton. Selain itu, hindari tidur larut malam atau begadang karena akan membuat sistem kekebalan tubuh melemah.

Tentukan pace berlari

Menentukan pace yang tepat dan sesuai dengan kemampuan fisik merupakan salah satu kunci persiapan maraton untuk menuntaskan race hingga garis finish. Pace atau tempo dalam berlari harus diperhatikan dan diatur dengan baik.

Jangan terlalu berlebihan untuk mengejar finish secepat mungkin namun mengabaikan kemampuan tubuh sendiri sehingga menjadi kehabisan napas dan ngos-ngosan selama maraton. Tentukan pace tepat yang sekiranya kamu nyaman berlari dalam tempo tersebut. Sebaiknya tidak memulai kilometer-kilometer pertama dengan kekuatan penuh agar kamu tidak terlalu lelah di awal berlari.

Siapkan mental

Berlari jarak jauh atau maraton bukan hanya sekadar urusan fisik semata, tapi juga mental. Maraton dengan jarak puluhan kilometer tentu akan sangat menguras banyak tenaga, memakan waktu berjam-jam, dan menguji ketangguhan. Kesiapan mental akan memengaruhi apakah pelari itu sanggup menyelesaikan maraton hingga garis finish atau tidak. Untuk itu latihan fokus menjadi persiapan maraton yang penting karena kekuatan fisik juga tergantung bagaimana mental bekerja.

 

Nah, setelah mengetahui berbagai tips persiapan maraton di atas, sekarang kamu siap mengikuti Maybank Bali Marathon 2018! Bagi yang belum sempat mendaftar, kamu bisa mengikuti paket 4D3N Maybank Bali Marathon 2018 bersama Dwidayatour! Dengan begini, kamu tak perlu bingung memikirkan akomodasi transportasi dan penginapan selama di Bali. Selamat berlari!