×
Blog
Back

5 Tips Lancar Traveling Bareng Keluarga

  • admin_dwidaya
  • 2018-11-05 15:46:43
  • 35 time(s)
Tag(s):

Traveling bareng keluarga di akhir tahun tentu menyenangkan. Namun, ada banyak hal yang harus dipersiapkan sebelum traveling dimulai, terutama jika kamu memiliki anak-anak di bawah usia 12 tahun. Persiapan yang dilakukan tentu harus lebih matang bahkan sejak jauh-jauh hari. Nah, agar  traveling bareng keluarga berjalan lancar, aman, dan nyaman, beberapa tips ini dapat kamu pertimbangkan. Yuk, simak!

 

Tentukan destinasi wisata yang ramah keluarga

Pemilihan destinasi wisata yang akan dikunjungi saat traveling bersama keluarga adalah hal paling utama yang harus diperhatikan. Sebaiknya pilih lokasi yang ramah terhadap anak-anak sehingga kamu tak perlu khawatir tentang keselamatan mereka selama traveling. Diskusikan dengan seluruh anggota keluarga agar destinasi yang dituju sesuai dengan apa yang diinginkan mereka. Sesuaikan juga destinasi yang dipilih dengan durasi traveling yang kamu miliki.

Apabila hanya memiliki cuti tak lebih dari satu minggu, sebaiknya pilih destinasi tujuan yang tidak terlalu jauh. Sebaliknya, kamu bisa traveling ke luar negeri bersama keluarga jika memiliki waktu libur yang cukup panjang serta modal liburan yang mencukupi.

Persiapkan kebutuhan selama traveling

Setelah destinasi wisata yang dituju telah ditentukan, langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah mempersiapkan segala kebutuhan selama traveling. Selain makanan dan obat-obatan, kamu juga wajib mencari tahu cuaca yang berlangsung di lokasi tujuan. Hal ini penting dilakukan agar pakaian yang dibawa nantinya dapat menyesuaikan dengan kondisi. Misalnya, jika destinasi tujuan sedang mengalami musim hujan, maka bawalah jaket dan payung.

Membawa barang secukupnya

Saat traveling bareng keluarga, barang bawaan cenderung lebih banyak sesuai dengan jumlah anggota yang ikut bepergian. Disarankan agar sebaiknya kamu memilih barang-barang bawaan secara bijak. Dengan begitu, saat pemerikasaan bagasi di bandara tidak ada biaya bagasi tambahan yang harus dibayarkan. Apabila mengajak balita, pastikan kamu sudah membawa cukup pakaian ganti, popok, susu, dan mainan kesukaannya.

Memilih waktu keberangkatan dengan bijak

Bagi kamu yang berencana melakukan perjalanan jarak jauh, sebaiknya pilih waktu keberangkatan di malam hari agar anak-anak dapat beristirahat selama di perjalanan. Namun, jika perjalanan jarak dekat, sebaiknya atur waktu keberangkatan di pagi hari agar kamu tidak perlu terjebak kemacetan. Jangan lupa, jika kamu berangkat dengan transportasi umum, pastikan untuk datang lebih awal sehingga meminimalisir risiko keterlambatan.

Memesan tiket jauh-jauh hari

Meski akhir tahun masih cukup lama, tidak ada salahnya jika kamu melakukan pemesanan tiket jauh-jauh hari. Selain berpeluang mendapatkan promosi diskon, pemesanan tiket dari jauh-jauh hari juga memungkinkan kamu memilih tempat duduk yang berdekatan satu sama lain dengan anggota keluarga lainnya.

 

Selama traveling bareng keluarga, kamu harus selalu mengawasi dan menjaga keselamatan anak-anak dengan baik. Pastikan anak-anak telah dibekali pengetahuan tentang identitas kedua orang tua untuk mengantisipasi kalau-kalau mereka terpisah saat di tempat wisata. Jika merasa kesulitan mengatur itenerary liburan akhir tahun bersama keluarga, kamu bisa berkonsultasi pada travel agent yang tepat. Dwidayatour menjadi pilihan tepat yang membuat kamu dapat merencanakan liburan dengan lebih praktis.