×
Blog
Back

8 Festival Paling Seru di Vietnam

  • admin_dwidaya
  • 2019-12-16 12:26:04
  • 104 time(s)

Vietnam kini telah berbenah menjadi jauh lebih baik. Awalnya dikenal karena tenaga kerjanya yang murah, kini Vietnam berhasil bertransformasi menjadi tujuan wisata yang cukup menarik. Vietnam memiliki banyak sekali acara festival yang bisa memikat wisatawan lokal dan asing. Kota-kota ikonik seperti Hoi An kini menjadi sangat populer di kalangan turis mancanegara karena memiliki banyak festival menarik. Berikut adalah 8 festival paling menarik yang ada di Vietnam saat ini.

Tet Nguyen Dan



Tet Nguyen Dan adalah perayaan imlek versi Vietnam. Tentunya festival ini menjadi salah satu festival terbesar di Vietnam. Tet Nguyen Dan ini sudah semacam lebaran versi Indonesia, sehingga dirayakan di seluruh pelosok Vietnam. Dalam festival ini, warga Vietnam berterimakasih pada Tuhan terhadap berkah yang mereka dapatkan selama setahun penuh.

Seperti lebaran, warga Vietnam juga banyak yang mudik selama Tet Nguyen Dan. Mereka tentunya ingin merayakan bersama keluarga dekat, sekaligus memberikan doa pada leluhur. Di kota besar seperti Hanoi, Tet Nguyen Dan juga akan dirayakan dengan pesta kembang api yang super meriah. Suasana di kuil Ngoc Son serta Pagoda Quan Su juga biasanya sangat meriah dengan orang-orang yang mengirim doa pada leluhurnya. Terdekat, Tet Nguyen Dan akan diadakan pada tanggal 25 January 2020.


Perfume Festival


Kalau tadi lebaran, maka perfume festival ini sedikit mirip dengan “naik haji”. Warga lokal akan mengunjungi Pagoda Perfume, tentunya untuk berdoa pada Buddha dan berharap tahun yang baik bagi mereka. Biasanya, akan dimulai dengan barongsai di Pagoda Den Trinh, lalu menyusuri sungai Yen di dasar gunung Huong.

Berikutnya, perjalanan dilanjutkan dengan meniti tangga menuju gua Huong Tich.
Untuk kamu yang hanya ingin menikmati festivalnya tanpa lelah mengikuti perjalanan, bisa juga menikmati berbagai pesta dan kuliner lokal. Akan banyak sekali pedagang yang menjajakan berbagai kuliner khas Vietnam. Festival ini rutin diadakan tiap tanggal 15 di kalender bulan pertama, atau terdekat tanggal 8 Februari 2020.

Lim Festival

Pada Lim Festival, kamu bisa “main perang-perangan”. Akan ada banyak pertarungan yang lebih mirip tarian, sehingga tidak akan ada yang terluka dalam festival ini. Sembari “bertarung”, akan banyak nyanyian lokal dan permainan tradisional yang mengiringi Lim Festival. Peserta juga akan mengenakan pakaian adat Vietnam. Nyanyian lokal yang identik dengan Lim Festival adalah quan ho, sudah terdaftar sebagai budaya yang dilestarikan oleh UNESCO. Nyanyian ini memiliki genre folk, jadi sudah tentu akan terdengar sangat tradisional dan menarik.
Lim Festival diadakan di desa Lim, sekitar 18km dari Hanoi. Kamu bisa menyewa mobil atau menggunakan bus untuk menuju ke sini. Terdekat, Lim Festival akan diadakan pada tanggal 6 Februari 2020.

Tet Han Thuc


Bagi pecinta kuliner, Tet Han Thuc mungkin bisa menjadi salah satu festival favoritmu. Dalam festival ini, akan ada banyak sekali makanan dingin khas Vietnam yang tentunya sangat lezat. Namun meskipun kesannya makan-makan, tapi justru Tet Han Thuc ini diawali oleh sebuah kisah yang sangat menyedihkan.

Festival ini diadakan untuk menghormati Jie Zhitui, kaki kanan penguasa Quin di jaman dulu. Jie Zhitui ini berkorban demi penguasa tersebut dan mati terbakar, sehingga sang penguasa terharu dan mengenang dengan melarang adanya api di hari tertentu. Inilah yang diselebrasi dengan Tet Han Thuc. Terdekat, Tet Han Thuc akan diadakan pada tanggal 26 Maret 2020.

Mid-Autumn Festival


Mid-Autumn Festival bisa dinikmati oleh siapa saja, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Festival yang selalu diadakan di tanggal 14 dan 15 kalender bulan itu memiliki banyak aktivitas yang cocok untuk keluarga. Mulai dari lentera kertas yang akan dibawa anak-anak, barongsai, dan berbagai stand kuliner yang menjual makanan khas festival ini seperti kue bulan, ketan, buah, dan berbagai manisan.
Festival ini diadakan untuk menghormati bulan purnama. Kota Hoi An biasanya mengadakan mid-autumn festival yang terbaik, sampai didaftarkan di UNESCO. Terdekat, festival ini akan diadakan pada tanggal 1 Oktober 2020.

Wandering Souls Day

Wandering Souls Day bisa dibilang sebagai festival untuk mengenang leluhur. Dalam budaya lokal Vietnam, di hari ini, para leluhur dapat mengunjungi keluarga mereka. Sehingga warga lokal membalas kunjungan tersebut dengan menyediakan sesembahan seperti kue, manisan, dan banyak makanan lainnya. Festival ini memberikan pesan untuk jangan pernah melupakan leluhur kita, dan keluarga adalah hal yang paling penting di dunia ini.

Wandering Souls Day biasanya diadakan di tanggal 15 di bulan ke 7 kalender bulan. Festival ini dirayakan di seluruh penjuru Vietnam. Namun, kamu bisa mencoba menikmatinya di kota Hue, di mana banyak sekali kuil Buddha di sana, sehingga lebih meriah.

Buddha’s Birthday

Ulang tahun Buddha dirayakan tiap tanggal 8 bulan ke-4 kalender bulan. Pada tanggal ini, kuil Buddha akan menghias kuilnya dengan luar biasa. Lalu, warga lokal akan memberikan sesembahan seperti buah, hiasan bunga, dan berbagai makanan tradisional lezat Vietnam lainnya. Dengan parade besar, ulang tahun Buddha ini biasanya sangat meriah.

Buddha’s Birthday paling enak dinikmati di Hoi An. Dengan puncak perayaan di Pagoda Phap Bao, acara ini akan menjadi parade dengan banyak sekali hewan, bunga, dan lentera di sepanjang jalan dan sungai. Sangat meriah!

Hoi An Lantern Festival


Ada sebuah festival yang sangat rutin diselenggarakan di Vietnam. Tepatnya, di tiap bulan purnama kalender bulan, akan ada Hoi An Lantern Festival. Sebuah festival lentera di Hoi An ini sampai terdaftar di UNESCO sebagai salah satu festival paling meriah di dunia. Kota Hoi An yang tradisional, akan disulap penuh dengan lentera kertas dengan berbagai ukuran dan warna. Semua pelosok kota mendadak jadi meriah. 

Biasanya, penduduk kota juga akan mematikan listrik pada hari ini sehingga penerangan untuk seluruh kota Hoi An hanya bergantung pada lentera kertas dan lilin yang terpasang di semua sudut kota. Di dalam kuil, kamu juga bisa menonton para biksu dan warga lokal mengadakan upacara dengan menggunakan lilin. Biasanya, juga akan ada lomba menghias lentera terbaik di Hoi An. Sungguh romantis untuk mengikuti festival ini bersama pasangan.

Masih banyak lagi festival-festival menarik yang ada di Vietnam. Namun, 8 festival di atas tentu termasuk festival yang sangat sayang apabila kamu lewatkan. Apalagi sekarang liburan di Vietnam sangat mudah dan bisa dipesan online semua. Kira-kira, apa festival yang paling ingin kamu ikuti di Vietnam?