×
Blog
Back

3 Festival Musim Dingin Di Jepang

  • admin_dwidaya
  • 2020-01-14 15:49:57
  • 855 time(s)


Bulan Januari dan Februari dipercaya sebagai puncak musim dingin di Jepang. Walaupun tidak semua kota di Jepang akan turun salju namun suhu bisa turun drastis hingga di bawah 5 derajat. Alih-alih pasrah dengan cuaca yang super dingin dan bisa saja membuat pariwisata menurun, Jepang justru membuat berbagai festival yang ternyata mampu menarik wisatan untuk datang. 

Fenomena ini membuat banyak travel agent menawarkan perjalanan musim dingin ke Jepang, tak terkecuali Dwidayatour. Paket tour ke Jepang selama musim dingin menjadi primadona yang dicari oleh wisatwan. Penasaran dengan festival yang hanya ada di musim dingin ini? Berikut beberapa festival yang dapat menjadi pilihan untuk liburanmu selanjutnya.

1. Festival Asahikawa



Aisahikawa merupakan kota terbesar kedua di Perfektur Hokkaido. Saat musim dingin tiba, setiap warga selalu bersemangat mempersiapkan festival musim dingin. Jalan di tepian sungai Asahibashi akan disulap menjadi negeri es. 

Festival resmi dimulai dengan pagelaran kembang api di atas sungai. Di sana, kamu akan melihat para seniman yang tengah berkompetisi membuat patung es. Selain patung-patung es berbagai bentuk, kamu juga bisa bermain dengan patung manusia salju serta replika berbagai monumen ikonik Jepang termasuk panggung besar dari es.

Puas memanjakan mata, saatnya kamu bermain salju seperti membuat boneka salju, menaiki kereta salju hingga berseluncur di arena es. Jika kamu lapar, ada banyak stand berisi jajanan dan makanan berat serta minuman hangat yang bisa kamu pilih. Jangan lupa luangkan waktu hingga malam hari karena lampu-lampu akan menyala dan membuat patung-patung es semakin indah.

Untuk berkunjung ke festival ini  kamu bisa naik kereta limited ekspress dari Sapporo dan berhenti di Stasiun Asahikawa. Dari stasiun tersedia shuttle gratis yang akan membawamu menuju Asahibashi. Pilihan lainnya adalah dengan menggunakan pesawat dari Tokyo menuju Asahikawa lalu dilanjutkan dengan bis menuju pusat kota. Bermalam di Asahikawa atau Sapporo bisa menjadi pilihan yang bijak agar kamu lebih leluasa menikmati festival. Festival musim dingin Asahikawa akan berlangsung pada 6-11 Februari mulai pukul 10 pagi hingga 10 malam. Asyiknya, kamu tak perlu mengeluarkan biaya untuk melihatnya.

2. Nabana No Sato



Festival musim dingin paling populer yang patut dikunjungi adalah Nabana No Sato. Terletak di dalam resort Nagashima - Prefektur Mie, Nabana No Sato adalah sebuah kebun bunga yang indah. Keajaiban musim dingin pada  kebun ini terletak pada cahaya iluminasi yang muncul ketika malam tiba. Diperkirakan ada lebih dari 8 juta LED yang dirangkai menjadi bentuk-bentuk yang unik dalam kebun seluas 210.000 meter persegi ini.

Setiap tahunnya, Nabana No Sato memiliki tema yang berbeda. Untuk tahun 2020 ini tema yang diambil adalah “SAKURA ~ The Beauties of Nature”, yang menampilkan 12 tahap pertumbuhan bunga sakura sepanjang musim. Bisa kamu bayangkan, dong, bagaimana kerennya festival ini.

Ada banyak zona yang bisa kamu jelajahi, beberapa diantaranya yang spektakuler adalah rangkaian instalasi lampu yang berada di atas sungai buatan, berbagai bentuk lampu yang menerangi ladang-ladang bunga, serta pohon natal raksasa. Jangan lupakan 2 buah terowongan penuh cahaya sejauh 200 meter yang tak pernah sepi pengunjung. Semuanya bisa kamu nikmati hingga awal Mei 2020.

Perlu kamu ketahui mungkin Nabana No Sato adalah tempat wisata yang tiket masuknya sedikit lebih tinggi, tapi sebanding dengan apa yang akan kamu dapatkan apalagi tiket masuk ini biasanya sudah termasuk voucher makan yang bisa kamu tukarkan di gerai makanan yang tersedia. Ada banyak gerai dengan menu makanan khas Jepang, China, serta berbagai cemilan, termasuk toko roti dan kafe-kafe yang bisa kamu pilih.

Untuk menuju ke Nabana No Sato, kamu bisa menggunakan kereta JR Kansai Line dari Stasiun Nagoya menuju Stasiun Kuwana dengan waktu tempuh 22 menit. Dari Stasiun Kuwana kamu bisa naik bis langsung ke Nabana No sato.

3. Festival Yokote Kamakura


Festival musim dingin lain yang unik adalah Kamakura yang diadakan di kota Yokote, prefektur Akita pada 15-16 Februari 2020. Jika dibandingkan dengan festival musim dingin lainnya yang mengandalkan instalasi lampu sebagai daya tarik, maka di Yokote, Kamakura adalah bintang utamanya.

Kamakura merupakan sebutan bagi rumah kecil yang terbuat dari salju. Bentuknya menyerupai igloo ala suku Eskimo. Bedanya jika igloo dibangun dari balok-balok es, maka kamakura dibangun dari tumpukan salju. Salju ditumpuk hingga tinggi kemudian dipadatkan dan mulai dilubangi untuk membuat pintu masuk dan ruangan di dalamnya. Secara tampak luar, kamakura berbentuk seperti kubah dengan sebuah lubang masuk. Suhu di dalam kamakura cenderung lebih hangat, apalagi ditambah lilin yang selalu dinyalakan menambah kehangatan.
Untuk melihat kamakura, kamu dapat pergi ke arah Balai Kota, ada banyak kamakura yang dibangun di sana. Biasanya kamu akan bertemu banyak warga setempat yang menyambut ramah dan mengajak kamu masuk ke dalam kamakura. Selain merasakan sensasi tinggal di kamakura, warga juga kerap menyuguhkan kue beras atau mochi panggang untuk wisatawan.

Akses menuju kota Yokote terbilang mudah namun membutuhkan waktu. Kamu bisa mulai dengan menggunakan kereta Akita Shinkansen dari stasiun Tokyo menuju Stasiun Omagari. Dari sana kamu harus berganti kereta dengan naik JR Ou Line menuju stasiun Yokote. Perjalanan ini membutuhkan waktu sekitar 4 jam. Dari stasiun Yokote, kamu dapat berjalan kaki atau naik bis gratis berkeliling kota.

Nah, itu dia 3 festival musim dingin unik di Jepang yang wajib masuk dalam bucket list kamu. Lokasi ketiganya memang berjauhan namun bisa diakses melalui kereta. Jadi, kamu wajib membeli JR Pass sebelum tiba di Jepang. Selain bisa memudahkan, memiliki JR Pass juga bisa menghemat pengeluaran. JR Pass ini bisa kamu beli di semua cabang Dwidayatour. Tapi jika kamu ingin liburan musim dingin di Jepang dengan lebih nyaman, bergabunglah dengan Dwidayatour. Tersedia banyak paket tour ke Jepang yang bisa kamu pilih dan sesuaikan dengan jadwalmu. [SR]

Most Viewed in Last 6 Month